Dalam buku Classroom Management Empat Prinsip Berlian, Classroom Management adalah pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru dan siswa pada saat pembelajaran agar kegiatan belajar menjadi efektif (Setyawan, 2022).
Untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif, diperlukan manajemen kelas yang efektif. Ada empat prinsip yang dapat dilakukan agar manajemen kelas menjadi efektif.
Prinsip Ke-1 : Peraturan dan Prosedur
Guru memperkenalkan dan mengimplementasikan peraturan dan prosedur di kelas kepada siswa.
Prinsip Ke-2 : Pembiasaan
Siswa memiliki kebiasaan-kebiasaan baik di kelas. Hal itu muncul dari kebiasaan baik guru dan kebiasaan baik siswa yang memang ditentukan atau dilatihkan.
Prinsip Ke-3 : Penguatan
Tidak hanya dibiasakan, peraturan dan prosedur juga diberikan penguatan. Seringkali peraturan dan prosedur yang ditentukan oleh guru di dalam kelas melemah atau dilupakan siswa seiring dengan berjalannya waktu. Perlu ada penguatan baik penguatan positif maupun negatif.
Prinsip Ke-4 : Pengenalan Pribadi
Tanpa adanya pengenalan pribadi kepada siswa, maka peraturan dan prosedur akan menjadi kaku dan siswa tidak memahami mengapa dan untuk apa peraturan dan prosedur itu dilaksanakan. Guru perlu untuk mengenal siswa satu per satu di kelasnya agar manajemen kelas menjadi semakin baik.
Sumber:
Setyawan, Sigit. 2022. Classroom Management: Empat Prinsip Berlian. Yogyakarta: Kanisius.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar