Sabtu, 24 April 2021

Metode Penilaian dalam Online Learning dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Penulis: Sigit Setyawan S.S, M.Pd.

Metode Penilaian dalam Online Learning dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Jika dalam pembelajaran tatap muka para siswa berada di dalam kelas dan guru mengawasi langsung jalannya tes atau ulangan, di dalam pembelajaran online guru tidak dapat mengawasi secara langsung para siswa.

Apabila siswa dilarang mencontek dan bekerja sama di dalam pembelajaran tatap muka, aturan itu cukup mudah diterapkan karena dalam pengawasan, tentu saja mencontek dan kerja sama itu adalah perkara sulit. Namun, melarang siswa mencontek dan bekerja sama di dalam tes online itu ibarat melarang siswa untuk basah pada saat ia kita minta untuk berenang. Mana mungkin tidak basah, padahal ia berenang di air? Mana mungkin kita melarang siswa mencontek atau mencari jawaban di internet, padahal dia sedang online di internet? Mana mugkin kita melarang siswa bekerja sama saat dia online dan terhubung dengan siapapun di seluruh dunia?

Maka, paradigma tes tatap muka dan tes online jelas sangat berbeda. Lantas, bagaimana metode terbaik untuk melakukan tes online? Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Tes Kolaboratif

Alih-alih melarang siswa untuk bekerja sama, mintalah mereka untuk bekerja sama. Jadikan sebagai nilai kelompok. Dengan catatan, kelompok bekerja dalam waktu yang terbatas dan just-in time, yaitu saat diminta oleh guru.

Contoh: Guru memberikan soal nomor 1, guru meminta siswa menjawab pertanyaan pertama dalam waktu 10 menit. Siswa A, B, dan C, dalam 1 kelompok. Jika menggunakan zoom, guru menggunakan breakout room atau dapat pula minta mereka group video call.

Setelah waktu habis, guru memberikan pertanyaan nomor 2, guru mengubah komposisi kelompok. Lalu, kelompok menjawab pertanyaan kedua dalam waktu 10 menit berikutnya. Dan seterusnya.

2. Tes dengan Mencari Informasi di Internet

Alih-alih melarang siswa mencontek dari buku catatan, guru memberikan soal open book dengan meminta siswa mencari jawaban di internet.

Contoh: Guru memberikan 10 soal yang bisa dijawab dalam waktu 30 menit. Siswa wajib menjawab dengan menyertakan kutipan dan link dari mana jawaban tersebut didapatkan. Jenis pertanyaan yang diberikan oleh guru misalnya sebagai berikut. 1) Sebutkan pengertian "demokrasi" menurut 3 sumber yang berbeda. 2) Jelaskan, menurutmu mana yang terbaik dan mengapa kamu berpendapat demikian. Penjelasan kamu cukup walam 3 kalimat.

3. Tes Presentasi Online

Siswa wajib membuat presentasi online, tetapi just in time atau dalam waktu yang ditentukan oleh guru.

Contoh: a) Seluruh siswa online untuk menerima tugas membuat presentasi, b) Siswa membuat file presentasi selama 2 Jam pelajaran dan dikumpulkan melalui link yang ditentukan atau melalui email, c) Siswa merekam presentasi tersebut (tidak boleh diubah), dalam waktu 5 menit, d) rekaman dikumpulkan pada tanggal yang ditentukan.

4. Wawancara Lisan Langsung

Siswa memiliki jadwal wawancara dengan guru untuk tanya-jawab. Guru memberikan pertanyaan dan siswa menjawab langsung pada saat itu juga.

 Demikian empat contoh metode penilaian jarak jauh atau penilaian online dengan paradigma pembelajaran online atau jarak jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BEBERAPA AKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MINECRAFT FOR EDUCATION SEBAGAI METAVERSE

(Sigit Setyawan, S.S., M.Pd  -  sigitsetyawan.com ) Berikut ini adalah beberapa aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru dan si...