Sabtu, 08 Mei 2021

Teknik Penilaian Pembelajaran Online



Penulis: Sigit Setyawan, M.Pd.

Penilaian online dan penilaian tatap muka memiliki teknik yang berbeda. Evaluasi dan pengukuran hasil belajar online memiliki ciri khas tertentu antara lain sebagai berikut.

1. Kolaboratif atau dapat bekerja sama dengan siapapun di internet.

2. Komunikatif atau dapat b erbicara atau berinteraksi dengan siapapun, misalnya teman, saudara, bahkan orangtua.

3. Resourceful atau dapat mengakses sumber dari internet secara tidak terbatas.

Oleh karena itu, meminta anak-anak untuk tidak bekerja sama, tidak berkomunikasi, atau tidak mengakses informasi di internet saat penilaian online sama saja dengan meminta mereka berenang, tetapi tidak boleh basah.

Seperti kita ketahui, prinsip dari penilaian adalah adanya reabilitas dan validitas. Untuk meningkatkan keduanya, para guru perlu menggunakan beberapa teknik pengukuran untuk mendapatkan reabilitas dan validitas nilai. 

Selain itu, tes atau penilaian yang dilakukan secara online tidak dapat digunakan untuk menilai informasi hafalan atau pengetahuan  atau LOTs (Lower Order Thinking Skills) karena semuanya itu sangat mudah didapatkan melalui internet. Namun, penilaian online dapat digunakan untuk menilai aspek penerapan terhadap informasi atau pengetahuan (aplikasi, evaluasi, atau membuat sesuatu) yang merupakan HOTs (Higher Order Thinking Skills) kerja sama,  

Berikut ini adalah beberapa teknik penilaian online yang dapat dikombinasikan atau dipadu padankan.


1. Pilihan Ganda Online, Benar-Salah Online, atau Mencocokkan Online

Menggunakan soal pilihan ganda menggunakan aplikasi seperti quizizz.com, quizlet.com, atau google form, memiliki reabilitas yang sangat rendah. Namun, guru dapat menggunakannya sebagai salah satu cara mengetahui pemahaman siswa mengenai topik-topik yang dipelajari. Jika para guru menggunakan pilihan gada online, guru perlu untuk memberi waktu terbatas pada setiap soal. 


2. Tes Tertulis Online

Tes tertulis online dapat digunakan oleh para guru dan cenderung memiliki reabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan tes pilihan ganda. Namun, syarat bagi tes tertulis online antara lain:

a. Diberikan durasi yang sama untuk setiap siswa;

b. Dilakukan secara bersamaan (serentak);

c. Menggunakan kriteria peniliaan yang jelas sebelum dilakukan tes.


3. Tes Lisan atau Wawancara Online

Tes lisan online dapat dilakukan oleh para guru untuk mengecek pemahaman. Dalam tes lisan ini, guru perlu mempersiapkan daftar pertanyaan dan kriteria nilainya. Sehingga, saat siswa menjawab pertanyaan secara langsung para guru dapat langsung memberikan skor.


4. Observasi Online

Guru dapat melakukan observasi secara online terhadap sikap belajar siswa. Tentu saja hal-hal yang diobservasi akan berbeda antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Dalam pembelajaran online, sikap belajar siswa terlihat antara lain:

a. Bagaimana siswa menggunakan kamera (camera on) dan sound (kapan mute dan kapan unmute);

b. Bagiamana siswa aktif menjawab atau bertanya, dapat dihitung frekuensinya dan dapat diukur kualitas pertanyaannya;

c. Bagaimana siswa memberikan kontribusi saat diskusi dengan teman secara online.


5. Log (track record) Proyek Online

Siswa mengerjakan proyek yang dilakukan secara online, misalnya menggunakan google slides, padlet.com, dan sebagainya. Proyek online akan efektif apabila:

a. Ada kriteria penilaian yang jelas dan dipahami oleh siswa;

b. Ada tenggat waktu atau target pengumpulan tugas;

c. Ada log aktivitas siswa, yaitu untuk mengetahui siapa saja siswa yang berkontribusi.


Demikian lima contoh bagaimana guru dapat menilai proses dan pencapaian pembelajaran para siswa. Semakin banyak metode penilaian yang digunakan untuk mengukur, maka semakin tepat ukuran atau penilaian yang diberikan oleh guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BEBERAPA AKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MINECRAFT FOR EDUCATION SEBAGAI METAVERSE

(Sigit Setyawan, S.S., M.Pd  -  sigitsetyawan.com ) Berikut ini adalah beberapa aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru dan si...